-->

Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Kalian Cobain No. 4 Unik dan Menarik !!!

Makanan Khas Surabaya – Assalamualaikum sahabat pensil aisyah, jumpa lagi dengan pensil aisyah, yang kali ini kita akan bahas berkaitan dengan makanan khas dari Kota Pahlawan.

Menjadi kota besar kedua setelah Jakarta, Surabaya menjadi sasaran para perantau untuk mencari pekerjaan. Baik itu dari Pulau Jawa atau dari luar Pulau Jawa.

Makanan Khas Surabaya
Sumber Gambar : rmolsumsel.com

Surabaya dikenal sebagai kot Pahlawan dikarenakan, perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Surabaya pada awal kemerdekaan Indonesia melawan Pasukan Sekutu.

Tapi kali ini kita tidak bahas berkaitan dengan hal tersebut, kita akan bahas tentang makanan apa saja yang berasal dari Surabaya yang wajib untuk sahabat pensil aisyah cobain.

Tahu Tek


Makanan Khas Surabaya
Sumber Gambar : qraved.com
Merupakan makanan dari campuran tahu, lontong, kecambah, dan diatasnya disiram dengan taburan bumbu petis. Menjadi salah satu makanan khas yang sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan.

Wajar saja makanan ini memiliki cita rasa yang superr lezat dan cocok bagi lidah orang Indonesia. Selain rasa yang enak, harga dari tahu tek ini juga terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 5.000 sampai 10.000 rupiah saja sahabat pensil aisyah bisa menikmati hidangan lezat khas kota Pahlawan ini.

Lontong Balap


Makanan Khas Surabaya
Sumber Gambar : oknusantara.com
Dari namanya saja sudah unik, menjadikan lontong balap sebagai makanan favorit masyarakat kota Pahlawan disaat lapar melanda. Makanan yang terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambel ini dinamakan lontong balap karena, dahulu para penjual saling berebut dan cepat-cepatan untuk mendapatkan pembeli hingga pos akhir di Pasar Wonokromo
Maka dari itu makanan ini dinamakann lontong balap.

Rawon


Makanan Khas Daerah
Sumber Gambar : http://infokuliner.com
Sahabat pensil aisyah ada yang kenal dengan makanan satu ini ? Ya, makanan khas dari Jawa Timur ini melengkapi beragamnya perkulineran Indonesia khususnya makanannya. Dengan ciri seperti sup yang berwarna hitam, rawon biasanya menggunakan daging sapi yang dipotong menjadi kecil-kecil.

Sate Klopo

Makanan Khas Surabaya
Sumber Gambar : nibble.id
Kalau sahabat pensil aisyah beranggapan bahwa makanan ini berbahan dasar kelapa maka sahabat semua salah. Karena makanan unik khas Surabaya ini sebenarnya berbahan dasar daging sapi seperti sate lainnya. Walaupun ada campuran dari kelapa sebagai penambah keunikan dan rasa dari sate klopo.

Yang menarik dari sate klopo ialah saat proses pembuatannya menggunakan pemanggangan diatas arang kayu yang membara, sehingga melahirkan cita rasa khas dari sate klopo.

Kue Lapis Khas Surabaya

 
Makanan Khas Surabaya
Sumber Gambar : lapislapis.co.id

Lapis Surabaya merupakan makanan khas yang wajib untuk sahabat pensil aisyah cicipi saat berkunjung ke Surabaya. Memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut menjadikan lapis Surabaya sebagai makanan yang tetap eksis dari zaman dahulu.

Rujak Cingur

 
Makanan Khas Surabaya
Sumber Gambar : 123rf.com

Makanan khas dari Kota Pahlawan yang terakhir yaitu rujak cingur. Makanan yang sudah terkenal sampai seluruh provinsi di Indonesia sangat sayang jika sahabat pensil aisyah lewati kalau berkunjung ke Surabaya. Belum lengkap rasanya apabila kalian berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi kuliner khas Surabaya yang satu ini.

Demikian lah sahabat pensil aisyah beberapa ulasan kami mengenai makanan khas yang berasal dari Kota Surabaya, semoga menambah wawasan sahabat semua mengenai makanan yang ada di Indonesia. Sampai berjumpa lagi di bacaan kita selanjutnya. Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel