-->

31 Makanan Khas Jogjakarta Terlezat Bikin Ketagihan [Update 2019]

Makanan Khas Jogjakarta – Jogjakarta ialah kota yang banyak hendak adat, keramahan, serta pasti aja kuliner khasnya.

Jogja mempunyai banyak Makanan khas yang istimewa serta pastinya tidak takluk nikmat yang harus Sahabat Aisyah coba bila bertamu ke kota ini! Ayo ikuti 31 kuliner khas Jogjakarta di bawah ini!

MAKANAN KHAS JOGJAKARTA TERPOPULER DAN TERLEZAT

Makanan Khas Jogja
Makanan Khas Jogja

 1. Gudeg

Makanan Khas Jogja
Makanan Khas Jogja

Makanan khas Jogjakarta yang awal ini tentu bukan terdengar asing, tidak? Siapa yang bukan ketahui Makanan khas Jogja yang ini. Gudeg merupakan Makanan khas Jogja yang dibuat dari nangka belia yang dimasak dengan santan.

Makanan khas jogja ini mempunyai corak coklat yang umumnya diperoleh oleh daun asli yang dimasak berbarengan. Gudeg umumnya dikonsumsi dengan nasi serta dihidangkan dengan kuah santan pekat( areh), ayam desa, telur, ketahui serta sambal goreng krecek.

2. Krecek

Makanan Khas Jogja Krecek
wikipedia[dot]org / Makanan Khas Jogja

Nah, Makanan khas Jogja selanjutnya pula lazim dihidangkan berbarengan dengan Gudeg, Sahabat Aisyah. Krecek merupakan kerupuk kulit yang dimasak serempak bersama sambel serta mempunyai rasa pedas serta enak yang berkuasa.

Banyak orang yang senang menyantap Krecek bersama Gudeg sebab menciptakan kombinasi rasa manis pedas yang istimewa.

3. Bakpia Pathuk

Makanan Khas Jogja Bakpia Pathuk
cumibunting[dot]com / Makanan Khas Jogja Bakpia Pathuk

Jika lagi terletak di Jogja serta mau bawa bawaan khas Jogjakarta buat keluarga serta sahabat, tidak butuh bimbang, Sahabat Aisyah! Perihal ini sebab terdapat Makanan khas Jogjakarta yang bernama Bakpia Pathuk!.

Bakpia Pathuk merupakan kue berupa bundar ceper, dibuat dari kombinasi kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan aci, kemudian dipanggang. Nah, Makanan khas Jogja ini sangat kerap dijadikan bawaan buat dikasih ke sahabat ataupun keluarga oleh para wisatawan, Sahabat Aisyah.

4. Oseng- oseng Mercon

Makanan Khas Jogja Oseng- oseng Mercon
jajanyuk[dot]com / Makanan Khas Jogja Oseng- oseng Mercon

Untuk kamu yang sangat senang dengan pedas, kamu harus mencicipi Makanan khas Jogjakarta selanjutnya ini! Oseng- oseng Petasan menemukan namanya sebab populer amat pedas, Sahabat Aisyah! Oseng- oseng Petasan merupakan daging jawi yang dimasak bersama sambel yang amat banyak alhasil mempunyai rasa pedas yang khas.

Tetapi, buat kamu yang khawatir pedas, bukan butuh khawatir. Sebab, kalian senantiasa bisa memesan Makanan khas Jogja ini tanpa cabe kenapa!

6. Sate Klatak

Makanan Khas Jogja Sate Klatak
njogja[dot]co[dot]id / Makanan Khas Jogja Sate Klatak

Astaga, bila kalian seseorang penggemar sate kambing, kalian harus berupaya Sate Klatak, Sahabat Aisyah! Sate Klatak masuk ke dalam catatan Makanan khas Jogjakarta yang sangat lezat serta harus dicoba.

Karakteristik dari Sate Klatak ini merupakan bagian daging kambing belia yang ditusuk memakai jeriji, berlainan dari sate pada biasanya. Bahan yang digunakan juga sedikit berlainan dari sate kambing lazim, serta lazim ditambah dengan curahan kuah gulai yang menggugah hasrat.

7. Sate serta Tongseng Petir

Makanan Khas Jogja Sate serta Tongseng Petir
tokopedia[dot]com / Makanan Khas Jogja Sate serta Tongseng Petir

Makanan khas Jogja yang istimewa ini terletak di Ringroad selatan serta kerap dijadikan tujuan penting untuk penggemar makanan pedas! Sate serta Tongseng Petir melayankan seporsi sate serta tongseng kambing yang dicampur dengan bahan pedas khas yang lezat sangat, Sahabat Aisyah!. Harus buat dicoba!

8. Yangko

Makanan Khas Jogja Yangko
Makanan Khas Jogja Yangko

Terdapat pula Makanan khas Jogjakarta yang bernama Yangko. Yangko merupakan Makanan khas Jogja yang yang dibuat dari aci ketan. Berupa kotak dengan baluran aci ketan, Makanan khas Jogja ini mempunyai komposisi alot serta rasa yang manis.

Yangko bermuatan kombinasi cincangan kacang, semacam kue moci asal Jepang. Cuma kelainannya, moci lebih empuk serta lebih alot dibanding Yangko.

9. Cilok Gajahan


Walaupun Makanan khas Jogjakarta ini berawal dari jawa barat, tetapi Cilok Gajahan sanggup jadi Makanan khas Jogjakarta sebab saking populernya. Saking populernya, penjual- penjual Makanan khas Jogja ini yang berasal berdagang dengan wagon, saat ini telah membuka ceranggah mereka sendiri.

10. Cenil


Bila kalian mencari Makanan khas Jogjkarta yang enteng, hingga tanggapannya merupakan Cenil! Cenil merupakan Makanan yang dibuat dari abuk ubi tumbuhan.

Makanan khas Jogja ini dapat dibangun bulat- bulat kecil ataupun kotak setelah itu dikasih corak setimpal hasrat saat sebelum direbus. Cenil umumnya dihidangkan dengan parutan kelapa serta ditaburi gula pasir.

11. Geplak


Geplak ialah salah satu tipe kue konvensional khas Jogja yang sedang dilestarikan hingga saat ini. Adukan Makanan khas Jogja ini dibuat dari kelapa kukur yang dicampur dengan aci serta gula.

Geplak berupa bulat- bulat kecil serta beraneka warna alhasil membuat kalian gemas mau lekas menyantapnya!

12. Sate Kelinci Mbah Ganis


Sepeti namanya, Makanan khas Jogjakarta ini berbahan dasar daging kelinci yang ditusuk memakai satu batang lidi setelah itu terbakar. Sate Kelinci Mbah Ganis terkini buka pada malam hari alhasil amat sesuai dimakan di hawa Kaliurang yang dingin bersama satu gelas teh hangat.

13. Bakmi Jogja


Makanan khas Jogja yang pula pantas kamu coba merupakan Bakmi Jogja. Bakmi Jogjakarta ialah olahan bakmi menggodok yang dimasak dengan ramuan bahan khas Jawa. 

Tidak hanya Bakmi Jawa Jogjakarta, Sahabat Aisyah pula bisa memesan Bakmi Nyemek ialah bakmi yang dikasih sedikit kuah alhasil teksturnya jadi pekat serta nikmat. Salah satu pedagang Bakmi Jawa Jogjakarta yang legendaris merupakan Bakmi Pak Pele yang terdapat di dekat Alun- alun Kidul.

14. Gatot Gunungkidul


Makanan khas Jogja tidak hanya Gudeg serta Bakpia yang berawal dari Gunung Kidul merupakan Gatot. Gatot dibuat dari sebangsa ketela pohon yang dikupas kemudian dijemur supaya kering. Mutu gatot didetetapkan dari materi dasar singkongnya.

15. Walang atau Belalang Goreng


Bila kalian mau merasakan pengetahuan terkini yang istimewa serta asyik, kalian wajib berupaya Walang Goreng, Sahabat Aisyah! Bila kalian bertepatan lagi mau melancong ke wilayah tepi laut di Wonosari, janganlah kurang ingat buat membeli Makanan khas Jogjakarta yang populer ini.

Walang ataupun Belalang Goreng sering- kali membuat beberapa orang merasa jijik buat memakanannya. Tetapi, siapa duga kalau Makanan ini mempunyai banyak isi vitamin di dalamnya!

16. Nasi Tiwul


Makanan khas Jogjakarta selanjutnya pula berawal dari Gunung Kidul serta luang jadi Makanan utama warga Gunung Kidul, Sahabat Aisyah. Tetapi saat ini, Makanan khas Jogja ini justru jadi primadona bawaan khas Jogja yang melegenda.

17. Sego Kakak Jirak


Semacam makanan- makanan khas Jogjakarta tadinya, Sego Kakak Jirak pula berawal dari Gunung Kidu, Sahabat Aisyah. Makanan khas Jogja ini terdiri dari nasi merah yang dihidangkan dengan sayur cabai ijo alhasil lumayan bugar serta bergizi besar.

Di tengah Makanan fast food serta junk food yang bertumbuh di kota Jogja, Sego Kakak Jirak sedang senantiasa populer menemani para penggemar kuliner di Jogjakarta.

18. Sayur Cabai Ijo


Nah, Sayur Cabai Ijo merupakan Makanan khas Jogjakarta yang lazim dijadikan ajudan Sego Kakak. Citarasa pedas serta enak dari sayur ini ditambah dengan kuah santan pekat dan ramuan bahan khas Jawa membuat Sayur Cabai Ijo ini banyak dicari oleh penikmat Makanan khas Jogjakarta.

19. Bakmi Pentil


Makanan khas Jogja yang terkenal selanjutnya ialah Bakmi Pentil. Materi dasar bakmi ini merupakan abuk ubi. Karakteristik dari Bakmi Pentil terletak pada rupa mie yang jauh serta berdimensi lebih besar dari mie lazim. Bakmi pentil mempunyai 2 corak khas ialah kuning serta putih serta teksturnya juga alot. Seperti itu kenapa dikenal Bakmi Pentil.

20. Peyek Tumpuk


Mencari Makanan khas Jogjakarta yang enteng yang lain pula tidak harus bimbang, Sahabat Aisyah. Sebab, kalian dapat membeli Peyek Tumpukan yang istimewa ini. Peyek Tumpukan serupa dengan peyek kacang lazim. Kelainannya, Peyek Tumpukan digoreng dengan bertumpuk- tumpuk alhasil wujudnya jadi bundar bukan teratur.

21. Mie Des


Bila Sahabat Aisyah hobi mencari Makanan khas Jogjakarta pada malam hari, kalian dapat merasakan kehebohan menyantap Mie Des ataupun Mie Pedes. Makanan khas yang berawal dari Pundong ini dibuat dari abuk ubi. Teksturnya alot mendekati Bakmi Pentil, tetapi ukurannya lebih besar serta wujudnya berlainan sebab pembuatannya dengan metode diiris, tidak digiling semacam bakmi lain.

22. Kue Adrem


Makanan khas Jogjakarta yang istimewa ini berawal dari kecamatan Sanden yang terdapat di pantai tepi laut selatan. Materi dasar penting Kue Adrem berawal dari aci beras serta gula jawa merah yang digoreng alhasil mempunyai rasa manis sedikit enak serta manis kala di gigit. Kue ini sesuai sangat dijadikan sahabat minum teh ataupun kopi, Sahabat Aisyah!

23. Tengkleng Gajah


Tengkleng Gajah merupakan Makanan khas Jogjakarta yang dibuat dari daging kambing yang dihidangkan dalam jatah besar. Tengkleng Gajah dihidangkan dalam rupa tengkleng tongseng atau tengkleng goreng. Kedua tipe penyajian ini dapat kalian seleksi setimpal dengan hasrat.

24. Mie Lethek


Mendekati dengan Bakmi Jawa, Makanan khas Jogjakarta ini berbahan dasar bihun yang bercorak kecoklatan alhasil nampak kotor. Seperti itu kenapa dikenal Mie Lethek yang maksudnya mie kotor. Corak kecoklatan ini berawal dari aci ubi, alhasil Mie Lethek dikira lebih bugar dibandingkan tipe bakmi yang lain.

25. Soto Lenthok


Makanan khas Jogjakarta berikutnya dapat kalian temui di dekat stasiun monumen ataupun wilayah Bantul. Karakteristik dari Soto Lenthok merupakan lauknya yang berbentuk lenthok. Sejenis perkedel yang dibuat dari ketela pohon.

26. Ayam Geprek


Kamu tentu telah sempat dengar yang namanya Ayam Geprek kan, Sahabat Aisyah? Ayam Geprek nyatanya berawal dari Jogjakarta, tetapi, Makanan khas Jogja ini juga pula telah mulai merambat ke wilayah di luar Jogja sebab saking populernya! Ayam Geprek merupakan ayam goreng yang digeprek dengan serta dikasih cabe setimpal hasrat.

27. Keripik Belut


Makanan khas Jogjakarta selanjutnya pula sesuai buat dijadikan bawaan buat keluarga serta teman- temanmu, Sahabat Aisyah! Bawaan khas dari Jogja ini bisa kalian temui di wilayah Godean, persisnya di Pasar Godean. Keripik Belut ini sanggup bertahan lamban alhasil sesuai dijadikan buah tangan sehabis Sahabat Aisyah bertamu ke Jogjakarta.

28. Sup Merah


Sup Merah memiliki karakteristik tertentu sebab kuah sup yang umumnya jernih, saat ini jadi merah! Corak merah dari Makanan khas Jogja ini diperoleh dari kombinasi pasta cabe. Pantas buat dicoba sebab keunikannya!

29. Sate Kere


Makanan khas Jogjakarta yang mempunyai julukan istimewa ini merupakan kuliner berbahan dasar gemuk ataupun lemak jawi yang dikasih bahan rempah spesial. Bebauan Sate Kere dikala terbakar sangat menggugah hasrat alhasil tentu membuat kamu tidak adem buat menyantapnya!

30. Kipo


Kipo merupakan Makanan khas Jogjakarta yang mempunyai rasa manis serta komposisi manis. Kipo sesuai buat dijadikan bawaan, cuma aja bukan dapat bertahan lamban. Makanan khas Jogja ini Dibuat dari aci beras ketan yang dikasih perona hijau dari daun pandan. Kipo dimasak diatas kuali tanah alot memakai arang alhasil mamiliki rasa yang istimewa.

31. Kicak


Makanan khas Jogja yang cuma terdapat di rembulan Ramadhan ini banyak dijual di area Kauman tiap petang kala Pasar Ramadhan mulai, Sahabat Aisyah.

Kicak merupakan jajanan yang dibuat dari jadah, gula, serta parutan kelapa yang dicampur dengan nangka, pandan, serta ditambakan kerneli.

Kicak mempunyai kombinasi rasa manis, payau, serta enak dan komposisi yang halus. Yang tentu, bawaan khas Jogja ini harus kalian coabin, Sahabat Aisyah!

Seperti itu makanan- makanan khas Jogja yang harus kalian coba, Sahabat Aisyah! Kala kalian mencicip makanan- makanan diatas janganlah kurang ingat gambar dengan kamera terkini yang bisa kalian temui di Tokopedia betul! Aman berkelana, Sahabat Aisyah!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel