-->

Ternyata Beberapa Olahraga Ini Berasal Dari Indonesia ! No 3 Bikin Anda Terkejut.


Olahraga Tradisional Asli Indonesia – Anda pasti sudah mengenal dengan olahraga Sepakbola, Voli, Batminton, dan lain sebagainya. Tapi apakah kalian tahu kalo Indonesia juga memiliki berbagai macam Olahraga Tradisional yang sangat seru. Olahraga sendiri adalah aktivitas fisik untuk melatih tubuh seseorang.

Untuk Olahraga Modern dan Olahraga Tradisional pun berbeda, jika Olahraga Tradisional adalah olahraga yang diwariskan turun temurun dan yang biasanya berasal dari tradisi dari daerah tertentu. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam suku dan bangsa, tentunya banyak juga Olahraga Tradisional di Indonesia.

Disini akan kami rangkumkan untuk anda Olahraga Tradisional Asli Indonesia, dan tentunya beberapa Olahraga Tradisional tersebut bahkan sudah resmi dijadikan cabang olahraga nasional dan internasional lho!. Langsung saja inilah beberapa Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang kami rangkumkan khusus untuk anda, selamat membaca!.

Olahraga Tradisional Asli Indonesia

Olahraga Tradisional Asli Indonesia
Sumber Image: antarafoto.com

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam suku dan bangsa, tentunya banyak juga Olahraga Tradisional di Indonesia. Disini akan kami rangkumkan untuk anda Olahraga Tradisional Asli Indonesia. Inilah beberapa Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang kami rangkumkan khusus untuk anda, selamat membaca!.

1.      Sepak Takraw

Olahraga Tradisional Asli Indonesia
Sumber Image: malays.lk

Pertama ada Sepak Takraw, meskipun sempat di klaim oleh beberapa negara seperti Malaysia, Laos, Filiphina, dan Thailand. Tentunya olahraga yang satu ini asli dari Indonesia dan olahraga ini berasal dari Sulawesi Selatan, dan ditemukan pada masa Kesultanan Melayu pada abad ke-15. Cara bermainnya pun cukup unik, yaitu menyepak bola dengan metode permainan bola voli.

2.      Egrang

Olahraga Tradisional Asli Indonesia
Sumber Image: damniloveindonesia.com

Siapa yang tidak kenal dengan Olahraga Tradisional yang satu ini?, Egrang namanya. Egrang dimainkan dengan cara menaiki sebuah tongkat dengan ketinggian tertentu, dulunya egrang ini digunakan untuk menghindari genangan air atau banjir. Namun kini egrang dijadikan sebagai ajang perlombaan di hari Kemerdekaan RI.

3.      Pencak Silat

Olahraga Tradisional Asli Indonesia
Sumber Image: inst4gram.co
Olahraga Tradisional yang satu ini termasuk kedalam jenis olahraga bela diri. Pencak Silat, diperkirakan muncul di Indonesia pada abad ke-7 sebelum masehi, karena itu pada masa itu banyak dari kerajaan Majapahit dan Sriwijaya yang bisa dikatakan jago bela diri. Olahraga ini sampai sekarang masih eksis dan dijadikan pula sebagai cabang olahraga internasional.

4.      Pacu Jalur

Olahraga Tradisional Asli Indonesia
Sumber Image: traveltodayindonesia.com

Pacu Jalur termasuk kedalam jenis olahraga perahu dayung yang berasal dari Riau, perahu dengan panjang 25-40 meter ini didayung oleh sebanyak 40 sampai 60 orang. Awalnya olahraga satu ini diselenggarakan di kampung – kampung sepanjang sungai kuantan, untuk memperingati Hari Besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, dan lain sebagainya.

5.      Karapan Sapi

Olahraga Tradisional Asli Indonesia
Sumber Image: photosiana.blogspot.com
Olahraga Tradisional yang satu ini berasal dari daerah Madura, Jawa Timur. Olahraga ini biasanya di selenggarakan pada bulan Agustus hingga Oktober, untuk cara kerja olahraga yang satu ini adalah sepasang  sapi akan menarik kereta dari kayu tempat dimana joki mengendalikannya, dan beradu kecepatan dengan sapi – sapi lain.

Itulah beberapa Olahraga Tradisional Asli Indonesia, yang kami rangkumkan untuk anda semua. Beberapa Olahraga diatas pasti dari kalian ada yang pernah memainkannya. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk anda. Selamat Membaca!




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel