-->

Pengertian Sepakbola, Sejarah, dan Tekniknya Singkat dan Lengkap !

Pengertian Sepakbola – Assalamulaikum sahabat pensil aisyah, kalian suka olahraga kan ? Kita dalam sehari wajib untuk olahraga agar tubuh kita selalu sehat dan kuat.
Selain untuk menjaga kesehatan lahir, olahraga juga dapat menjaga kesehatan batin kita. Orang yang selalu olahraga setiap pagi, akan ceria menjalani aktifitasnya sepanjang hari.
Nah, kali ini saya akan bahas salah satu olahraga favorit di Indonesia bahkan di dunia. Olahraga tersebut ialah sepakbola.

Pengertian Sepakbola
Pengertian Sepakbola
Sahabat pensil aisyah, sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari penduduk dunia, bukan hanya laki-laki bahkan wanita pun banyak yang menyukai olahraga satu ini.
Yuk simak artikel ini sampai habis, supaya wawasan kita lebih luas mengenai sepakbola.

Baca Juga : Pengertian Musik Secara Umum, Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis, dan Fungsi [TERBARU]

Pengertian Sepakbola

Pengertian Sepakbola
Pengertian Sepakbola
Sahabat, sepakbola ialah salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola karet sebagai alat, dan olahraga ini dimainkan oleh dua tim, dan masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. Biasanya permainan ini dipimpin oleh seorang wasit dengan bantuan 2 asisten wasit.
Setiap tim yang mencetak gol lebih banyak ke gawang lawan, maka tim tersebutlah yang akan menjadi pemenang.

Olahraga satu ini juga menjadi olahraga yang memiliki banyak event baik itu lokal maupun internasional. Induk olahraga inipun sudah terbentuk, di Indonesia dengan nama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Federation of International Football Association (FIFA).

Sejarah Sepakbola

Pengertian Sepakbola
Pengertian Sepakbola
Sepakbola pertama kali dimainkan pada abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi di Tiongkok. Pada saat Dinasti Han, orang-orang menggiring bola dan menendangnya ke jaring kecil. Sedangkan, sepakbola juga dimainkan di Jepang dengan sebutan kemari.

Baca Juga : KOPERASI : PENGERTIAN, JENIS, CIRI - CIRI, TUJUAN, DAN PERAN [LENGKAP]

Pada awalnay, olahraga ini banyak menerima kecaman dari raja-raja karena permainannya yang kasar. Tapi, pada tahun 1863 menjadi titik awal kebangkitan sepakbola modern. Karena pada tahun tersebut di Freemasons Tavern, 11 sekolah berhasil membuat peraturan baru tentang sepakbola.

Teknik Sepakbola

Pengertian Sepakbola
Pengertian Sepakbola
Di era sekarang, sepakbola harus menggunakan teknik agar tim kita bisa menjadi pemenang. Berikut ini ialah teknik dasar dalam bermain sepakbola.

1.    Teknik Menendang Bola (Passing/Shooting)

Dalam bermain sepakbola menendang menjadi teknik yang harus dimiliki oleh setiap pemain sepakbola, teknik menendang pun dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:
•    Teknik menendang bola dengan kaki bagian dalam
•    Teknik menendang bola dengan kaki bagian luar
•    Teknik menendang bola dengan kaki bagian punggung

2.    Teknik Mengontrol Bola (Controlling)

•    Teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam.
•    Teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian luar.
•    Teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian punggung
•    Teknik mengontrol bola menggunakan dada dan perut.
•    Teknik mengontrol bola menggunakan kepala
•    Teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian telapak/sol sepatu
•    Teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian paha

3.    Teknik Menggiring Bola (dribbling)

Menggiring bola menjadi teknik dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pemain agar pemain tersebut bisa membawa bola ke daerah lawan untuk mencetak gol sebanyaknya-banyaknya. Teknik ini dilakukan dengan cara mendorong bola ke depan diiringi dengan lari oleh pemain.

4.    Teknik Menyundul Bola (heading)

Teknik ini pasti dibutuhkan saat bola melambung tinggi. Untuk dapat meraih bola lebih cepat dari lawan, maka teknik menyundul bola inilah yang tepat. Teknik ini dilakukan menggunakan kepala terutama dibagian kening.

Baca Juga : PENGERTIAN KORUPSI [LENGKAP] : PENGERTIAN, JENIS, MACAM-MACAM, DAN KASUSNYA DI INDONESIA




Sekian sahabat penjelasan kami mengenai sepakbola. Mari kita lestarikan olahraga yang satu ini agar anak cucu kita nanti tetap dapat memainkan olahraga yang satu ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita berkaitan dengan sepakbola.










 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel