-->

Pengertian Musik Secara Umum, Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis, dan Fungsi [TERBARU]

Pengertian Musik – Assalamualaikum sahabat pensil aisyah, gimana hari-hari kalian ? Pasti menyenangkan kan sahabat ? Sahabat musik juga menjadi salah satu yang membuat hari-hari kita bahagia. Alunan musik yang tersusun akan membuat suasana hati kita yang tadinya galau pasti akan senang saat mendengar musik.
Nah karena hal itulah, saya tertarik untuk membahas hal yang berkaitan dengan musik. Yuk sahabat kita bahas musik supaya hari-hari kita menyenangkan.

Pengertian Musik
Pengertian Musik
Sahabat, musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan irama yang dapat menciptakan suatu keharmonisan bagi siapa saja yang mendengarnya.
Atau dalam arti lain musik ialah suatu bunyi yang dihasilkan oleh alat-alat yang dapat menghasilkan irama.


Nah, sahabat pensil aisyah pada artikel ini kita akan bahas beberapa hal yang berkaitan dengan musik itu sendiri.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Musik
Pengertian Musik
Para ahli seni sudah banyak yang memaparkan pemahamannya tentang musik, berikut beberapa pengertian musik menurut beberapa ahli.

1.       Menurut Aristoteles

Ialah suatu curahan tenaga yang dari berasal dari gerakan dalam satu rentetan nada yang memiliki irama.

2.       Menurut Adji Esa Poetra

Merupakan sebuah bunyai yang tersusun, bukan hanya bersifat moral normatif.

3.       Menurut Sylado

Adalah suatu bentuk yang ada dari beberapa kumpulan alunan suara dan ilusi.

Jenis-jenis Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik
Sahabat pensil aisyah, dibelahan bumi manapun kini musik sudah menjadi yang berdampingan dengan masyarakat. Bukan hanya musik tradisional, musik dibagi menjadi beberapa jenis yang ada mulai dari zaman dahulu hingga sekarang.

Baca Juga : PENGERTIAN KORUPSI [LENGKAP] : PENGERTIAN, JENIS, MACAM-MACAM, DAN KASUSNYA DI INDONESIA

1.       Musik Klasik

Merupakan jenis musik yang berkembang di daerah Eropa. Namun diberbagai negara lain seperti India, Persia dan lainnya juga sahabat dapat menemukan jenis musik yang satu ini. Salah satu contoh tokoh musik klasik ialah Franz Joseph Haydn.

2.       Musik Jazz

Jazz merupakan jenis musik yang berasal dari Amerika. Jazz yang menggunakan alat musik seperti saksofon, terompet, gitar, piano, dan trombon ini menghasilkan suatu musik yang elegan dan berkelas. Salah satu tokoh musik jazz ialah Louis Armstrong.

3.       Musik Dangdut

Nah, siapa yang tidak tau jenis musik yang satu ini. Jenis musik yang berasal dari indonesia ini biasanya menggunakan gendang yang ditabuh sehingga alunan dari dangdut membuat yang mendengarnya ingin berjoget. Tokoh dari musik dangdut ialah Rhoma Irama.

4.       Musik Pop

Sahabat pasti sudah tau jenis musik yang satu ini. Di era teknologi ini musik pop berhasil diteima baik oleh masyarakat Indonesia maupun dunia.  Iramanya yang enak di dengarlah yang menjadikan musik popdapat diterima oleh masyarakat. Tokoh dari musik pop salah satunya ialah Michael Jackson dan Erwin Gutawa.

Fungsi Musik

Pengertian Musik
Pengertian Musik
Selain sebagai saran hiburan, tahukan sahabat ternyata musik memiliki fungsi lain yang bermanfaat bagi manusia untuk kehidupan sehari.
1.       Sebagai sarana ekspresi diri
2.       Sebagai sarana hiburan
3.       Sebagai sarana terapi
4.       Sebagai sarana upacara
5.       Sebagai sarana komersial
6.       Sebagai sarana tari

Demikian sahabat pensil aisyah sedikit penjelasan kami berkaitan dengan musik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua. Dan mari kita jaga dan lestarikan budaya musik yang sudah ada ini. Jangan sampai anak cucu kita nanti tidak tau musik. Karena musik menjadi salah satu keunikan tersendiri yang ada di belahan bumi mana saja.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel