-->

Perusahaan Manufaktur : Karakteristik, Fungsi, dan Contohnya [Terbaru 2019]


Perusahaan Manufaktur – Di seluruh belahan dunia, ada banyak sekali perusahaan yang berdiri di berbagai bidang. Salah satu dari sekian banyak perusahaan itu adalah perusahaan manufaktur, sejauh ini perusahaan manufaktur sudah banyak sekali menghasilkan produk – produk yang sudah dimanfaatkan oleh banyak orang.

Perusahaan Manufaktur
Perusahaan Manufaktur
Pada kesempatan kali ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai perusahaan manufaktur ini, bagaimana karakteristiknya,fungsi dan juga Contoh perusahaan manufaktur. Selamat membaca!

Karakteristik Perusahaan Manufaktur

Perusahaan Manufaktur
Perusahaan Manufaktur
Setiap perusahaan industri pasti memiliki karakteristik dan ciri – ciri tertentu, begitu juga dengan perusahaan manufaktur. Perusahaan Manufaktur juga memiliki karakteristik dan ciri – ciri tertentu, dan berikut ini adalah beberapa karakteristik dari Perusahaan Manufaktur.

Mengelola Bahan Baku Menjadi Bahan Jadi

Salah satu karakteristik dari perusahaan manufaktur ini adalah mereka membuat produk tertentu dari bahan mentah, atau yang biasa disebut bahan baku. Dari bahan – bahan tersebut diolah dan menjadi produk yang siap digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Konsumen Tidak Ikut Dalam Proses Produksi

Karakteristik yang kedua dari Perusahaan Manufaktur ini adalah setiap konsumen yang menjadi target pasar tidak ikut dalam proses produksi, maksudnya adalah para konsumen yang menggunakan produk dari perusahaan manufaktur hanya tinggal menikmati hasil dari produk Perusahaan Manufaktur.

Hasil Produksi Berwujud

Perlu diketahui untuk semua hasil produk yang dibuat oleh Perusahaan Manufaktur adalah produk jadi, jadi yang dihasilkan tentunya berwujud.

Fungsi Bisnis Industri Manufaktur

Perusahaan Manufaktur
Perusahaan Manufaktur
Dalam sebuah Industri tentunya ada beberapa fungsi bisnis. Fungsi bisnis ini tentunya ada pada setiap perusahaan termasuk juga Perusahaan Manufaktur, diantaranya adalah sebagai berikut:

Fungsi Produksi

Fungsi yang pertama dari Perusahaan Manufaktur ini adalah fungsi produksi, maksud dari fungsi ini adalah fungsi untuk mengolah bahan baku mentah menjadi produk yang siap pakai. Hal ini juga sesuai dengan karakteristik Perusahaan Manufaktur.

Fungsi Pemasaran

Selain Fungsi Produksi, ada juga Fungsi Pemasaran. Fungsi permasaran ini memiliki tujuan utama yang sangat penting yaitu untuk memperoleh keuntungan, dan tidak hanya untuk memperoleh keuntungan tetapi juga bagaimana mengatur pemasaran produk serta memperhitungkan untung rugi berdasarkan biaya produksi.

Fungsi Administrasi

Fungsi Administrasi bertujuan untuk memperlancar seluruh kegiatan yang ada pada Perusahaan Manufaktur, tujuannya antara lain yaitu melakukan pengarahan terhadap seluruh aspek yang ada hingga dilakukan juga pengawasan terhadap proses produksi dan pemasaran sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Contoh Perusahaan Atau Industri Manufaktur

Perusahaan Manufaktur
Perusahaan Manufaktur
Untuk anda yang masih bingung tentang Perusahaan Manufaktur, anda bisa melihat contoh tentang Perusahaan Manufaktur dibawah ini.

Tekstil

Salah satu Perusahaan Manufaktur yang paling banyak dijumpai adalah perusahaan tekstil, dan perusahaan tekstil tersebar hampir diseluruh Indonesia. Untuk yang dilakukan oleh perusahaan tekstil ini adalah mengolah kapas menjadi kain dengan proses tertentu.

Elektronik

Perusahaan Elektronik merupakan perusahaan yang menggunakan teknologi yang sangat tinggi untuk proses pengolahannya, untuk produk yang dihasilkan tentunya yang berhubungan dengan barang – barang elektronik antara lain adalah handphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya.

Itu lah dia tentang Perusahaan Manufaktur : Karakteristik, Fungsi, dan Contohnya [Terbaru 2019], semoga dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan anda untuk lebih mengenal tentang Perusahaan Manufaktur. Jangan lupa ikuti terus update terbaru dari Pensil Aisyah.

Perusahaan Manufaktur


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel