-->

Pengertian Toleransi, Manfaat, dan Jenis-Jenis Toleransi [TERLENGKAP]

Pengertian Toleransi – Hai sahabat pensil aisyah, selamat datang di blog pensil aisyah. Blog yang InSyaAllah selalu menyajikan artikel yang bermanfaat bagi sahabat pensil aisyah semua.

Sahabat, berbeda dengan pembahasan sebelumnya. Kali ini kami akan coba sedikit mengulas dan membahas tentang pengertian toleransi dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian toleransi tersebut.

Pengertian Toleransi
Pengertian Toleransi
Sahabat pensil aisyah, toleransi merupakan hal yang sering dikait-kaitkan dengan keberagaman. Mengapa demikian ? Dikatakan demikian karena dengan adanya toleransi keberagaman tersebut akan hidup berdampingan dengan tentram dan damai.

Sebenarnya apa sih toleransi itu ? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak bersama artikel ini sampai selesai.

Pengertian Toleransi

Pengertian Toleransi
Pengertian Toleransi
Tahukah sahabat ? Ternyata toleransi berasal dari bahasa Latin yaitu “tolerare” yang mempunyai arti sabar atau menahan diri. Atau toleransi juga dapat diartikan sebagai suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar satu kelompok dengan kelompok yang lain.

Dengan adanya toleransi juga, antar kelompok satu dengan yang lainnya atau jug antar satu orang dengan orang lainnya hidup damai dan tenteram secara berdampingan.

Manfaat Toleransi

Pengertian Toleransi
Pengertian Toleransi
Dengan adanya toleransi, sangat banyak manfaat yang akan didapatkan oleh seseorang atau kelompok yang mempunyai sikap toleransi. Berikut ini merupakan manfaat dari adanya sikap toleransi dikehidupan masyarakat.

1.    Meningkatkan tali silaturahmi
2.    Menghindari perpecahan antar masyarakat
3.    Melatih diri untuk saling menghargai
4.    Meningkatkan rasa persaudaraan
5.    Mendapatkan banyak saudara dan teman
6.    Mendapatkan relasi yang banyak

Secara garis besar ke enam hal tersebut merupakan gambaran besar dari manfaat dari adanya toleransi. Namun, apabila kita perdalam lagi ke enam hal tersebut masih banyak yang dapat kita temukan manfaat dari toleransi.

Jenis-Jenis Toleransi

Pengertian Toleransi
Pengertian Toleransi
Pengertian Toleransi – Disetiap sudut kehidupan pasti kita menemukan seseorang yang memiliki pandangan yang berbeda dengan kita. Maka dari itu kita harus terus meng-upgrade sikap toleransi kita. Hal itu juga menunjukkan banyak jenis toleransi yang harus kita ketahui sehingga kita dapat diterima  ditengah-tengah masyarakat. Berikut ini sedikit penjelasan tentang jenis toleransi yang harus kamu ketahui.

1.    Toleransi Beragama

Ini merupakan jenis toleransi yang wajib dimiliki oleh setiap umat beragama. Karena setiap agama memiliki pemahamannya masing-masing. Nah dengan adanya toleransi agama, apapun agama baik itu islam, kristen, hindu, buddha, atau yang lainnya akan hidup berdampingan dengan tentram dan damai.

2.    Toleransi Budaya

Kita semua tau bahwa Indonesia merupakan negara yang dianugerahi budaya yang sangat dan beragam. Maka dari itu sikap toleransi harus kita junjung tinggi sebagai warga negara yang baik. Indonesia juga telah menjunjung tinggi toleransi antar budaya dengan semboyannya “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

3.    Toleransi Politik

Dalam hidup berpolitik pun kita harus menanamkan sikap toleransi. Karena dalam politik antara kita dengan orang lain pasti memiliki pandangan yang berbeda mengenai politik.

Nah dari ketiga jenis toleransi tersebut kita harus paham antar satu dengan yang lainnya. Karena dalam berkehidupan masyarakat kita pasti selalu menemukan ketiga hal tersebut.

Demikian sahabat pensil aisyah penjelasan kami berkaitan dengan pengertian toleransi dan beberapa hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sahabat sudah menyimak artikel ini sampai habis. Sampai bertemu pada artikel kami selanjutnya.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel