-->

Pengertian Batik, Sejarah, Jenis-Jenis, dan Metode Batik [TERLENGKAP 2019]

Pengertian Batik – Assalamualaikum sahabat pensil aisyah, berjumpa lagi dengan kami pensil aisyah yang InSyaAllah selalu menyajikan artikel yang berguna dan bermanfaat bagi kita semua.
Sahabat pensil aisyah, kita semua sudah tau kalau negara tercinta kita ini telah dianugerahi beribu-ribu macam budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tak heran banyak negara-negara luar yang iri dengan negara Indonesia dengan kebudayaannya.
Nah salah satunya ialah batik, merupakan kebudayaan milik Indonesia yang sudah di akui oleh dunia. Walaupun batik sudah di akui oleh dunia, akan tetapi masih ada saja yang mencoba mengambil kebudayaan milik Indonesia ini.

Pengertian Batik
Pengertian Batik

Mengapa demikian ? Sudah jelas bahwa, batik merupaakan suatu kebudayaan yang unik dan menarik sehingga banyak negara luarpun ingin merebutnya.
Nah sahabat pensil aisyah, berikut ini merupakan penjelasan tentang pengertian batik dan beberapa hal yang berhubungan dengan pengertian batik itu sendiri.

Pengertian Batik

Pengertian Batik
Pengertian Batik
Sahabat pensil aisyah batik merupakan suatu kain yang dilukis menggunakan alat khusus seperti canting, lilin malam, dan lain sebagainya yang menghasilkan suatu karya yang indah diatas kain. Kain yang biasa digunakan pada batik ialah kain mori.
Sedangkan cara membuat batik tidak hanya menggunakan canting saja, di era modern seperti sekarang banyak metode-metode dalam membatik.Batik sendiri berasal dari kata amba dan tik yang dalam bahasa Jawa berarti menulis titik.

Sejarah Batik

 
Pengertian Batik
Pengertian Batik

Pengertian Batik – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, batik berasal dari Indonesia. Namun, ada yang tau gak sih sejarah batik itu gimana ? Batik sangat erat kaitannya dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran agama islam di Indonesia.
Dimana perkembangan batik itu dilakukan ketika Kesultanan Mataram, kemudian dilanjutan pada Kasunan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Jenis-Jenis Batik

Pengertian Batik
Pengertian Batik

 

Di Indonesia kini sudah banyak sekali jenis motif batik yang dapat dengan mudah kita temui di berbagai daerah di Indonesia. Nah berikut ini beberapa jenis-jenis batik yang ada di Indonesia dan asalnya.
1.    Batik Megamendung (Cirebon)
2.    Batik Tujuh Rupa (Pekalongan)
3.    Batik Priyangan (Tasikmalaya)
4.    Batik Lasem (Jawa Tengah dan Jawa Timur)
5.    Batik Bali (Bali)
6.    Batik Spring Sedapur (Magetan)
7.    Batik Malang (Malang)
8.    Batik Betawi (Jakarta)
Nah itu merupakan beberapa jenis batik yang ada di Indonesia.

Metode Batik

Pengertian Batik
Pengertian Batik
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang menyukai batik sebagai sandang yang mereka gunakan untuk menghadiri sebuah acara. Maka dari itu, apabila membatik hanya menggunakan tangan saja maka para pembatik tidak akan sanggup memenuhi pesanan. Nah berikut ini merupakan metode-metode dalam membatik.
1.    Metode Batik Cap
Pada metode ini batik dibuat dengan cara pelintangan warna dan pendinginan dengan lilin.
2.    Metode Batik Tulis
Pada metode yang ini batik dibuat dengan menggunakan tangan alat yang digunakan pun sangatlah sederhana. Metode ini merupakan metode yang sangat sederhana dan merupakan metode paling tua dari proses membatik.
3.    Metode Batik Hand Printing
Metode ini menggunakan screen atau film yang dibuat dengan menggunakan media kain kasa.
4.    Metode Batik Machine Printing Flat
Pada metode ini batik dibuat sama seperti metode hand printing hanya saja bedanya pada metode ini batik dibuat dengan menggunakan mesin.
Demikian sahabat pensil aisyah penjelasan kami mengenai pengertian batik. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga dan melesatarikan budaya milik Indonesia yang sangat berharga ini. Jangan sampai budaya milik kita ini diambil oleh negara lain. Semoga bermanfaat sahabat pensil aisyah.







Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel