-->

Warga Negara | Pengertian, Asas-Asas, Perbedaan Dengan Kewarganegaraan [TERBARU 2019]

Pengertian Warga Negara – Assalamualaikum sahabat pensil aisyah, berjumpa lagi dengan kami sahabat pensil aisyah yang selalu menyajikan artikel yang bermanfaat bagi kita semua.

Sahabat pensil aisyah, kalau pada artikel sebelumnya kita membahas tentang pengertian negara, nah kali ini kita akan bahas salah satu unsur berdirinya suatu negara, yaitu warga negara. Ya sahabat pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian warga negara.


Pengertian Warga Negara
Pengertian Warga Negara

Seperti yang sudah kita ketahui, warga negara merupakan masyarakat umum yang ada pada suatu negara. Warga negara lah yang mendukung dan menjalankan sistem pemerintahan pada suatu negara. Maka dari itu, tanpa adanya warga negara suatu negara tidak akan dapat berdiri dengan kokoh. Warga negara yang berkualitas juga akan menopang kemajuan dari suatu negara.

Nah, untuk lebih lanjut yuk simak artikel ini sampai selesai agar kita semua bertambah wawasan tentang warga negara.

Pengertian Warga Negara Secara Umum

Pengertian Warga Negara
Pengertian Warga Negara
Pengertian Warga Negara – Sahabat pensil aisyah, warga negara dapat diartikan secara umum ialah sebagai penduduk pada suatu negara atau bangsa yang berdasarkan tempat kelahiran dan keturunan. Dan warga negara juga memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara pada suatu negara tersebut.

Maka dari itu setiap warga negara wajib dilindungi secara hukum, serta mendapatkan perlakuan adil dari pemerintah yang berkuasa.

Asas Warga Negara

 
Pengertian Warga Negara
Pengertian Warga Negara

Tahukah kalian sahabat ? Ternyata setiap negara menganut asas yang berbeda-beda berkaitan dengan warga negara. Jadi seorang warga negara akan diakui oleh suatu negara sesuai dengan asas yang dianut oleh negara tersebut.

1.    Asas Ius Sanguinis

Asas ini mengatur kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan dan kewarganegaraan kedua orangtuanya, bukan berdasarkan tempat kelahirannya. Jadi apabil ada seorang lahir di negara lain, namun orangtuanya merupakan warga negara dari negara tersebut maka orang itu diakui di negara tersebut. Negara yang menganut asas ini ialah Jerman, Turki, Belanda, Inggris, dan lain sebagainya.

2.    Asas Ius Soli

Kebalikan dari asas diatas, asas ini mengatur kewarganegaraan seseorang berdasarkan tempat dimana ia dilahirkan. Contoh negara yang menganut asas ini ilah seperti Argentina, Amerika Serikat, Brasil, Kanada, dan lain sebagainya.

Perbedaan Kewarganegaraan dan Warga Negara

Pengertian Warga Negara
Pengertian Warga Negara
Pengertian Warga Negara – kewarganegaraan dan warga negara memiliki pengertian yang berbeda, namun banyak orang yang mengartikan keduanya ini dengan pengertian yang sama. Berikut perbedaan antara kewarganegaraan dan warga negara.

Kewarganegaraan merupakan keanggotaan seseorang dalam suatu negara yang dengan negara tersebut memiliki hak dan kewajiban untuk menjalankan sistem pemerintahan yang ada pad negara tersebut. Sedangkan warga negara ialah orang yang menjadi anggota pada negara tersebut.

Nah sekarang kalian harus bisa membedakan antara kewarganegaraan dan warga negara. Karena pada dasarnya keduanya memiliki pengertian yang berbeda walaupun mempunyai hubungan yang sangat erat.

Demikian sahabat pensil aisyah sedikit penjelasan kami tentang pengertian warga negara dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian negara. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anak cucu kita nanti aamiin. Terimakasih!




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel