-->

Pengertian Akuntansi, Tujuan, dan Pihak Pemakai Akuntansi [TERLENGKAP 2019]

Pengertian Akuntansi – Assalamualaikum sahabat pensil aisyah, bertemu lagi dengan kami pensil aisyah. InSyaAllah kami selalu menyajikan artikel yang bermanfaat bagi kalian semua.

Sahabat pensil aisyah, kali ini kami akan membahas tentang suatu pembahasan yang berkaitan dengan angka. Tapi jangan salah ya, bukan matematika yang kali ini akan kami bahas. Melainkan tentang akuntansi.

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi
Sahabat, akuntansi merupakan salah satu disiplin yang menyajikan laporan keuangan dalam suatu perusahaan. Nah nantinya laporan keuangan tersebut diserahkan kepada pihak auditing untuk diaudit dan membuktikan keuangan perusahaan tersebut bermasalah atau tidak.

Nah pada artikel kali ini kami akan coba sedikit menjelaskan pengertian akuntansi dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian akuntansi.

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi
Secara umum akuntansi merupakan suatu proses mencatat, meringkas, melaporkan, mengolah, mengklasifikasikan suatu transaksi dalam suatu perusahaan dan di olah sehingga menjadi sebuah laporan keuangan perusahaan yang menggambarkan keuangan perusahaan tersebut.

Nah, jadi kegiatan akuntansi selalu berkaitan dengan angka-angka. Tapi beberapa orang yang sudah menggeluti kegiatan ini pasti sangat menyukainya.

Tujuan Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi
Sahabat pensil aisyah, seperti yang lainnya akuntansi juga mempunyai tujuan dalam menjalankan kegiatannya. Namun yang berbeda akuntansi mempunyai tujuan secara umum dan tujuan secara khusus.
Secara umum akuntansi memiliki tujuan diantaranya :
1.    Memberikan informasi keuangan dalam suatu perusahaan.
2.    Menyediakan informasi mengenai perubahan pada sistem ekonomi .
3.    Memberikan informasi keuangan perusahaan guna membantu dalam pembuatan estimasi keuntungan perusahaan tersebut.
4.    Memberikan informasi tentang perubahan aset perusahaan.
5.    Menyediakan informasi lainnya yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Sedangkan secara khusus, akuntansi memiliki tujuan yaitu memberikan informasi yang berbentuk laporan keuangan, yang didalamnya terdapat laporan posisi keuangan, hasil usaha, dan laporan perubahan keuangan perusahaan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum.

Pihak Pemakai Informasi Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi
Seorang akuntan membuat laporan keuangan dikarenakan untuk kepentingan beberapa pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan berkaitan dengan suatu perusahaan. Dalam hal ini pemakai akuntansi dibagi menjadi pihak intern perusahaan dan pihak ekstern perusahaan.

1.    Pihak Intern Perusahaan

Maksudnya disini ialah pemakai informasi akuntansi berasal dari dalam lingkup perusahaan si akuntan membuat laporan keuangan. Pihak intern yang menggunakan informasi akuntansi diantaranya ialah :
•    Manajer Perusahaan
•    Manajer Divisi
•    Staf Akuntansi
•    Karyawan

2.    Pihak Ekstern Perusahaan

Nah sedangkan pihak eksternnya ialah pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut namun berasal dari luar perusahaan. Diantaranya ialah :
•    Investor
•    Kreditor
•    Pemerintah
•    Pelanggan

Nah itu tadi merupakan pihak yang menggunakan informasi akuntansi. Pihak-pihak tersebut menggunakan informasi akuntansi untuk mengambil keputusan sesaui dengan kepentingannya masing-masing.

Misalkan saja, investor melihat laporan keuangan perusahaan untuk mengambil keputusan sang investor akan menjadi investor perusahaan tersebut atau tidak.

Demikian sahabat sedikit penjelasan kami berkaitan dengan pengertian akuntansi dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian akuntansi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan tentunya bagi kalian semua. Jangan lupa untuk terus ikuti artikel kami selanjutnya. See You Next Time Friend!







Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel