-->

Bank : Pengertian, Sejarah, Jenis-Jenis, Tujuan, Bank Konvensional, Bank Syarian, dan Prinsip [TERLENGKAP 2019]

Pengertian Bank – Assalamualaikum sahabat pensil aisyah, sekarang kalian di artikel kami yang akan membahas suatu lembaga yang berkecimpung di bidang keuangan. Ya, bank. Di era yang serba maju ini banyak manusia yang tidak ingin ribet dalam mengelola keuangan atau menyimpannya.

Dengan bunga yang dihadirkan oleh bank, banyak manusia yang tertarik untuk menyimpan uangnya di bank. Maka dari itulah, kini bank-bank banyak berdiri baik di lokal maupun internasional.
Pengertian Bank
Pengertian Bank

Nah, sahabat kali ini kita akan bahas pengertian bank dan beberapa hal yang berkaitan dengan bank. Yuk simak dan pelajari artikel ini sampai selesai.

Pengertian Bank

Pengertian Bank
Pengertian Bank
Secara bahasa, bank berasal dari bahasa Italian yaitu banca yang mempunyai arti tempat penukaran. Sedangkan, secara umum bank merupakan suatu lembaga intermediasi yang bergerak dibidang keuangan. Biasanya bank juga memiliki kewenangan untuk menerima simpanan uang dari masyarakat.

Sejarah Bank

Pengertian Bank
Pengertian Bank
Pada awal didirikannya, bank merupakan sebuah perusahaan dengan bentuk firma. Firma ini didirikan karena Pemerintah Inggris yang ingin membangun kembali armada lautnya. Nah, karena pemerintah Inggris kekurangan dana, maka dari itu lah pada tahun 1690 didirikan sebuah lembaga intermediasi keuangan berbentuk firma yang kemudian berkembang menjadi bank.

Jenis-jenis Bank

Pengertian Bank
Pengertian Bank
Pengertian Bank – Berdasarkan fungsinya, bank dibagi menjadi 3 macam dimana setiap bank tersebut memiliki fungsi dan tugas yang berbeda. Berikut ini merupakan jenis bank bedasarkan fungsinya.

1.       Bank Sentral

Bank sentral ialah sebuah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter pada suatu negara. Nah, sahabat pensil aisyah Bank Sentral yang ada di Indonesia ialah Bank Indonesia (BI).

2.       Bank Umum

Jenis bank yang melakukan kegiatan usaha baik secara konvensional atau juga secara prinsip syariah, yang didalamnya melakukan kegiatan memberikan pelayanan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

3.       Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Nah, sahabat pensil aisyah sebenarnya BPR hampir sama dengan bank umum, hanya saja BPR dilarang untuk menerima simpanan giro, valas, dan perasuransian.

Tujuan Bank

Pengertian Bank
Pengertian Bank
Sahabat pensil aisyah, setiap lembaga pasti mempunyai tujuan tersendiri, begitu juga dengan bank. Tujuan bank yaitu menunjang pelaksanaan dalam membangun suatu negara dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas nasional guna kesejahteraan masyarakat.

Pengertian Bank Konvensional

Pengertian Bank
Pengertian Bank

Merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya secara konvensional yang kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Pengertian Bank Syariah

Pengertian Bank
Pengertian Bank
Pengertian Bank – Berbeda dengan bank konvensional, bank syariah merupakan lembaga keuangan yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Bank syraiah selalu berpacuan pada Al-qur’an dan Hadist dalam menjalankan usahanya.

Prinsip-Prinsip Bank

Pengertian Bank
Dalam menjalankan usahanya, bank memiliki prinsip-prinsip yang tealh ditetapkan pada awal berdirinya.

1.       Prinsip Kepercayaan (Fiduciary Principle)

2.       Prinsip Kerahasiaan (Confidential Principle)

3.       Prinsip Kehati-hatian (Prudential Principle)

4.       Prinsip Know Your Customer

Nah, sahabat pensil aisyah dengan keempat prinsip tersebutlah suatu bank akan berjalan dengan baik.

Demikian sahabat pensil aisyah, penjelasan kami berkaitan dengan pengertian bank dan beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian bank itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan kita. 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel