-->

Kunjungan Bersejarah Di Tahun 2019!! Paus Fransiskus Tiba di Uni Emirat Arab


Kunjungan Bersejarah Paus Fransiskus - Paus Fransiskus saat ini telah tiba di Uni Emirat Arab (UEA). Ini merupakan kunjungan pertama seorang paus ke Semenanjung Arab dan juga merupakan kunjungan yang sangat bersejarah di tahun 2019 ini. Paus Fransiskus mendarat di Abu Dhabi, pada hari Minggu setelah menempuh perjalanan selama 48 jam.

Kunjungan Bersejarah Paus Fransiskus
cdn0-production-images-kly.akamaized.net
Ia akan bertemu dengan para ulama terkemuka dan akan mengadakan misa terbuka untuk sekitar 135.000 umat Katolik di Uni Emirat Arab (UEA). Selain itu Paus Fransiskus juga akan melakukan konferensi pers antar-agama pada hari Senin waktu setempat. Serta, ia dijadwalkan akan bertemu dengan imam Al-Azhar Kairo yaitu Sheikh Ahmed al-Tayeb.

Selanjutnya sebelum dia kembali ke Roma pada hari Selasa, Paus Fransiskus akan memimpin misa di sebuah stadion di Abu Dhabi yang ditetapkan sebagai pertemuan terbesar di Uni Emirat Arab (UEA). Kunjungannya kali ini bersamaan dengan UEA yang sedang terlibat dalam kampanye militer yang telah lama berjalan di Yaman dan terlibat dalam pertikaian diplomatik dengan Qatar.

Paus Fransiskus mendesak seluruh pihak yang terlibat dalam perang sipil Yaman agar membuat kesepakatan damai dan membantu mengirimkan bantuan kepada jutaan warga negara Yaman yang kelaparan.Uni Emirat Arab menanggapi positif pesan Paus Fransiskus terkait perang Yaman.

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Anwar Gargash mengatakan sangat yakin kesepakatan damai yang dimaksud Paus adalah sebuah terobosan. Paus mendesak pihak-pihak yang bertikai di Yaman, dimana UEA mendukung pemerintah melawan pemberontak Huthi, untuk menghormati perjanjian gencatan senjata.

"Mari kita bersama-sama memastikan ini diimplementasikan dan membuat 2019 sebagai tahun perdamaian di Yaman," kata Gargash, tak lama setelah Paus Fransiskus mendarat di ibu kota Abu Dhabi.

Kedatangan Paus Fransiskus disambut oleh Putra Mahkota Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed al-Nahyan dan mengantarnya bertemu Imam Masjid dan Universitas Al-Azhar Mesir Ahmed al-Tayeb. Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan resmi dengan Mohammed bin Zayed al-Nahyan pada Senin, 4 Februari waktu setempat.

Sebelumnya pada Desember 2018 lalu, partai-partai di Yaman sudah sepakat untuk melakukan gencatan senjata sebagai langkah awal untuk melakukan perundingan damai. Perang sipil Yaman sudah berkecamuk selama 2,5 tahun antara pemerintah Yaman dengan kelompok Houthi. Puluhan ribu orang terbunuh dalam konflik ini dan PBB menyebut ada jutaan orang kelaparan di Yaman.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Uni Emirat Arab telah menjadi kunjungan pertama yang dilakukan seorang pemimpin umat Katolik ke wilayah Semenanjung Arab. Di Uni Emirat Arab, Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan pertemuan dengan para ulama dan melakukan misa di ruang terbuka yang bakal dihadiri oleh 135 ribu umat Katolik.

Kunjungan Paus Fransiskus di Uni Emirat Arab akan berakhir pada Selasa, 5 Februari 2019. Dia menyebut kunjungannya ke negara Arab ini sebagai sebuah kesempatan untuk membuka lembaran baru dalam hubungan antar agama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel