-->

Cegah Darah Menggumpal dengan 6 Makanan yang Membuat Darah Lebih Encer


Darah Encer - Pembekuan darah adalah proses yang penting, tetapi jika berlebihan akan berdampak pada kesehatan Anda, termasuk serangan jantung dan stroke. Jadi ini tidak akan menyebabkan efek fatal, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai makanan pengencer darah.

Jenis Makanan yang Dapat Menjadi Pengencer Darah
Darah Encer
Darah Encer

 1. Kunyit

Salah satu makanan alami yang diyakini antikoagulan adalah kunyit. bumbu kuning ini mengandung kurkumin yang bertindak sebagai antikoagulan.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi pada tahun 2012 pada aktivitas antikoagulan kunyit digunakan untuk kari. Kurkumin dapat mencegah pembekuan darah dengan menghambat faktor pembekuan darah.

2. Bawang putih

Selain kunyit, bawang putih adalah makanan pengencer darah yang memiliki antibiotik alami dan sifat antimikroba. Sebuah siung bawang putih mengandung allysine, diyakini bahwa senyawa aktif untuk memainkan peran dalam antikoagulan tersebut.

Sebuah studi dari bubuk bawang putih yang tidak berbau membuktikannya. Studi ini menunjukkan bahwa jenis bawang putih menunjukkan aktivitas antitrombotik.

Senyawa antitrombotik adalah zat yang dapat mengurangi pembekuan darah. Itulah sebabnya bawang putih dipercaya untuk mengencerkan darah meskipun efeknya hanya sebentar.

Jika Anda ingin menggunakan bahan-bahan ini sehingga gumpalan darah dapat dicegah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

3. Nanas

Apakah Anda tahu bahwa nanas mengandung senyawa bromelain yang benar-benar bisa membantu mencegah penggumpalan darah?

Sebuah studi pada tahun 2012 membahas penggunaan bromelain sebagai darah anti-pembekuan dalam tubuh.

Bromelain diketahui menghambat fibrin perwujudan dalam tubuh, yang adalah protein yang menyebabkan pembekuan darah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa bromelain bertindak sebagai agen fibrinolitik yang cukup efektif untuk mengurangi fibrin. Selain itu, enzim nanas juga merupakan anti-inflamasi.

4. Kacang almond

Tidak hanya nanas, juga percaya bahwa almond menjadi makanan antikoagulan. Hal ini karena vitamin E dalam kacang almond dapat diklasifikasikan sebagai antikoagulan ringan.

Efek antikoagulan vitamin E benar-benar tergantung pada berapa banyak dosis kehidupan seseorang.
Tidak ada penelitian yang benar-benar menjelaskan jumlah vitamin E sebaiknya dikonsumsi sebagai pengencer darah yang aman.

Oleh karena itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sehingga Anda tahu dosis yang tepat untuk tubuh Anda.

5. Vitamin E

Seperti disebutkan di atas, almond termasuk dalam kategori antikoagulan makanan karena mengandung vitamin E.

Vitamin E diyakini mengurangi aktivitas pembentukan darah, meskipun efeknya tergantung pada tubuh yang sangat pribadi. Selain itu, belum ada bukti yang menjamin batas aman untuk darah tipis vitamin E.

Oleh karena itu, akan aman untuk makan makanan yang mengandung vitamin E untuk membantu mengencerkan darah, seperti:


  • Sereal
  • Minyak gandum
  • Biji bunga matahari
  • Minyak bunga matahari

6. Jahe

rempah-rempah lainnya juga mengatakan disebut sebagai pengencer darah makanan jahe dibuat. Jahe mengandung asetilsalisilat asam aspirin alias. Asetilsalisilat merupakan turunan asam salisilat diyakini menjadi antikoagulan yang sangat kuat.

Efek antikoagulan alami ini Anda bisa mendapatkan berbagai cara, seperti makan jahe, jus jahe mentah atau menggunakannya sebagai bumbu makanan.

Namun, jahe tidak tingkat yang sama khasiat untuk efek antikoagulan jahe pada obat pembekuan darah begitu jelas.

Beberapa makanan yang dapat mengurangi risiko pembekuan darah di atas belum teruji secara klinis memiliki. Selain itu, efek juga dapat dibandingkan bukan dengan pencegahan narkoba khusus bekuan darah.

Makan terlalu banyak makanan yang tipis dapat darah dapat menyebabkan risiko perdarahan. Jadi periksa dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi makanan yang diyakini selama pengencer darah.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel