-->

Bukan Cuma Gudeg, Inilah Makanan Khas Jogja Yang Terkenal dan Lezat

Makanan Khas Jogja – Assalamualaikum Wr. Wb. Sahabat pensil aisyah, gimana kabar kalian ? Pasti baik kan ? Kali ini, pensil aisyah akan sedikit memaparkan berkaitan dengan makanan khas Jogja yang dijamin enak dan lezat.
Selain sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga menjadi Kota yang memiliki beragam jenis makanan khas daerah yang bisa kalian gak bisa sama Kota lahirnya Ki Hajar Dewantara ini.
Untuk kalian yang doyan cari makanan khas dari Indonesia yuk simak artikel tentang makanan khas Jogja berikut.
Makanan Khas Ambon
Sumber Gambar : cobektv.blogspot.com

Krecek

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : primarasa.co.id
Rasa pedas dan gurih yang mendominan pada krecek sangat cocok dimakan bersama dengan gudeg. Terbuat dari kerupuk kulit yang dimasak bersama sambal ini, krecek menjadi makanan favorit masyarakat Jogja.

Gudeg

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : goodindonesianfood.com
Makanan Khas Jogja – Untuk makanan yang satu ini dijamin sahabat pensil aisyah sudah tidak asing lagi. Terbuat dari nangka muda yang diberi santan, makanan berwarna cokelat ini sangat cocok disantap bersamaan dengan ayam kampung, tahu, telur, dan krecek.

Bakpia Pathuk

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : cumibunting.com
Makanan yang terbuat dari kacang hijau dengan lapisan kulit yang terbuat dari tepung ini sangatlah lezat. Jajanan khas yang sangat mudah ditemukan di Yogyakarta ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh disaat sahabat pensil aisyah berkunjung ke Yogyakarta.

Kue Adrem

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : wiratourjogja.com
Satu lagi makanan khas Jogja yang unik, yaitu kue adrem. Kue yang berasal dari Kabupaten Sanden Bantul ini terbuat dari tepung beras dan gula merah Jawa yang digoreng.
Kue Adrem khas Jogja ini sangatlah cocok dinikmati bersamaan dengan teh atau kopi hangat. Untuk rasa dijamin gak bakal mnegecewakan.

Sate Klatak

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : dolanyok.com
Makanan Khas Jogja – Makanan unik satu ini terbuat dari daging kambing muda yang ditaburi garam lalu di panggang diatas arang. Tahukan sahabat pensil aisyah ? Makanan Khas Jogja yang bernama sate klatak ini diambil dari bunyi yang timbul saat sate dibakar yaitu “klatak-klatak” karena garam yang sudah ditaburi tadi.

Yangko

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : katalogkuliner.com
Ada lagi jajanan khas Jogja yang mempunyai cita rasa manis, yaitu yangko. Terbuat dari tepung ketan, makanan Jogja yang satu ini mirip seperti mochi asal Jepang, hanya saja mochi lebih lembek dan lebih kenyal. Lebih uniknya lagi, bentuk dari yangko ternyata tidak berubah sejak pertma kali ibuat.

Geplak

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : dutawisata.co.id
Kalo sahabat membicarakan tentang kue tradisional memang Jogja gak bakal kehabisan. Ada lagi makanan khas Jogja yang enak, yaitu geplak. Makanan yang terbuat dari parutan kelapa ini dicampur dengan tepung gula. Dan sebelum direbus biasanya diberi pewarna alami, sehingga geplak memiliki warna yang beragam

Oseng-Oseng Mercon

Makanan Khas Jogja
Sumber Gambar : rajaresep.id
Makanan Khas Jogja – Bukan cuma makanan dengan cita rasa manis, Jogja juga mempunyai makanan yang memiliki cita rasa pedas. Salah satunya ialah oseng-oseng mercon. Nama yang unik inilah yang menarik perhatian penikmat kuliner di Indonesia. Dari namanya kita bisa mengetahui bahwa makanan yang satu memiliki cita rasa yang super pedas.
Tapi untuk sahabat pensil aisyah yang tidak suka pedas jangan khawatir, karena kalian bisa memesan oseng-oseng mercon tanpa cabai.

Demikian sahabat pensil aisyah penjelasan kami tentang makanan khas Kota Pelajar yaitu Yogyakarta. Mana favoritmu ? 


Makanan Khas Jogja



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel