-->

SEJARAH UANG - PENGERTIAN, DEFINISI, SYARAT-SYARAT, FUNGSI, NILAI, JENIS, DAN TEORINYA [LENGKAP 2019]

Sejarah Uang – Uang, mungkin barang yang satu ini tidak asing untuk Anda. Barang yang sehari – hari kita temui dan gunakan sabagai alat transaksi, uang kini sudah tak bisa terpisah dari kehidupan manusia.

Saat ini pun tidak ada satu orang pun yang tidak membutuhkan uang, banyak sekali orang yang mengatakan bahwa uang bukan lah segalanya, tetapi segalanya membutuhkan uang. Saat ini sudah banyak sekali uang beredar di seluruh dunia, dan masing – masing negara pun memiliki mata uangnya tersendiri tanpa terkecuali Indonesia.

Uang pun memiliki sejarahnya sendiri, sebelum membahas lebih lanjut tentang uang, tentunya kita harus mengetahui tentang sejarah uang. Mari kita simak bersama tentang sejarah uang, tentunya hanya di Pensil Aisyah.

Sejarah Uang


Sejarah Uang
sejara uang - situsantibosan.blogspot.com

Uang awalnya tidak muncul begitu saja, tentunya ada alasan tertentu yang melatar belakangi munculnya uang. Jika pada saat ini kebanyakan orang menggunakan uang untuk melakukan transaksi tidak sama halnya dengan masyarakat zaman dahulu.

Zaman dahulu sebelum masyarakat mengenal uang, mereka melakukan transaksi dengan bertukar barang atau bahasa kerennya adalah barter. Masyarakat zaman dahulu melakukan pertukaran barang sesuai dengan yang mereka butuhkan, tetapi banyak sekali kekurangan dalam melakukan pertukaran barang ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat mulai merasakan kesulitan dalam melakukan petukaran barang ini. Berikut ini adalah beberapa kesulitan yang terjadi pada saat itu :

  1. Masyarakat tidak bisa menentukan nilai barang yang akan ditukarkan.
  2. Pada saat itu banyak orang yang kesulitan menemukan seseorang yang memiliki barang yang mereka  butuhkan lalu menukarnya.
Hal – hal seperti itu lah yang membuat orang mulai mencari alternatif lain, yang digunakan untuk mengatasi masalah – masalah diatas. Mereka akhirnya mulai berfikir untuk menetapkan suatu barang yang memiliki nilai tertentu.

Akhirnya muncullah uang logam, pada mulanya uang logam belum memiliki angka atau nominal seperti sekarang ini. Uang logam dihitung berdasarkan jumlah banyak nya uang logam atau persatuan uang logam, lalu di sesuaikan dengan nilai barang yang akan ditukarkan.

Uang logam awalnya digemari oleh banyak orang karena mudah dibawa dan tidak mudah rusak. Pada masa itu orang-orang akhirnya memilih menggunakan logam (emas dan perak) sebagai alat transaksi.

Semakin lama uang logam menjadi semakin langka,karena banyaknya kebutuhan masyarakat di seluruh dunia. Pada akhirnya orang mulai mencari alternatif lain, dan dari sini lah munculnya uang kertas yang kita gunakan hingga saat ini.

Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi hingga saat ini, uang kertas mulai diatur oleh penjabat pemerintahan negara. Pejabat pemerintahan inilah yang pada akhirnya akan membuat dan mencetak uang yang akan digunakan oleh masyarakat di suatu negara, jika di Indonesia BI ( Bank Indonesia ) lah yang bertugas membuat dan mencetak uang di Indonesia.

Definisi Uang

sejarah uang
Sejarah uang - pengertian-definisi.blogspot.com

sejarah uang

Syarat-syarat Uang

Sejarah Uang
Sejarah Uang

Fungsi Uang

Sejarah Uang
Sejarah Uang - slideshare.net

Fungsi Asli (Primer)


Fungsi Turunan


Nilai dan Jenis Uang

Sejarah Uang
Sejarah Uang

Teori Nilai Uang

 
Sejarah Uang
Sejarah Uang - slideshare.net



Teori Uang Statis - Sejarah Uang


Teori Uang Dinamis - Sejarah Uang


Nah, demikian pembahasan kali ini tentang Sejarah Uang, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa ikuti terus update selanjutnya hanya di Pensil Aisyah.

Sumber : Saling Amanah


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel